Wellcome To My Blogs

Infolinks In Text Ads

Diberdayakan oleh Blogger.

What Time is it

Wellcome To My Blogs “Alangkah Senangnya Berbagi Informasi”

View Peta Informasi Kota Tegal in a larger map

Sabtu, 03 Desember 2011

Peta ZNT

Manfaat Keakuratan Peta Zona Nilai Tanah

           Illustrasi ZNT/Gopries'82
Peta Zona Nilai Tanah adalah Peta Tematik yang menggambarkan besaran-besaran nilai tanah atau harga pasar dan potensi tanah di suatu wilayah tertentu yang berfungsi sebagai informasi spasial yaitu Peta Zona Nilai Tanah (ZNT) dibuat dengan skala 10.000 atau lebih kecil, dan sebagai informasi textual Peta ZNT pembuatannya memerlukan data harga tanah berdasarkan nilai pasar.

Pengambilan Sampel Data Berkaitan dengan Keakuratan Peta.

Dalam pembuatannya, Peta Zona Nilai Tanah dibatasi dengan penarikan garis batas sebagai batas zona kawasan tersebut dengan mengelompokkan besaran-besaran nilai rata-rata harga pasar tanah. Keakuratan dalam penarikan batas zona sangat dipengaruhi oleh banyak-sedikitnya sampel serta pola penyebaran data yang diambil sebagai sampel data harga pasar yang disurvei. Sebagai contoh : Si Badu hendak mensurvei dan mengambil 100 bidang tanah sebagai sampel harga pasar tanah secara acak dari 1.500.000 bidang tanah di suatu wilayah yang hendak dibuatkan Peta ZNT-nya. Setelah didapatkan hasil dari pengelompokan harga rata-rata nilai tanah yang disurvei, si Badu membuat dan mendapatkan batasan zona A= 25 bidang dengan besaran Rp.250.000,- s/d Rp.300.000,-, zona B= 25 bidang dengan besaran Rp.301.000,- s/d Rp. 500.000,-, zona C= 25 bidang dengan besaran Rp. 500.000.- s/d Rp. 750.000,-, dan zona D= Rp. 751.000,- s/d Rp 1.000.000,-. Padahal dari 1.500.000 bidang tersebut, pada kenyataannya masih ada kawasan atau zona dengan harga pasar tanah berkisar antara Rp. 100.000,- s/d Rp. 250.000,- , sehingga kawasan tersebut tidak tercover dan tidak terbaca pada zona tersendiri, bahkan masuk pada zona A, dan atau beberapa bidang yang seharusnya masuk pada zona D karena kurang jeli dalam mengambil data sebagai sample dan menarik batasan zona, masuk pada zona C. Akibatnya apa? Peta ZNT yang dibuatnya tidak memberikan informasi yang sebenarnya dengan kata lain peta tersebut tidak akurat.

   Contoh Peta ZNT /Gopries'82
Manfaat Peta Zona Nilai Tanah

Keakuratan Peta Zona Nilai Tanah akan memberikan informasi yang positif kepada user sebagai pengguna yang bergerak dibidang properti, memberikan informasi kepada instansi pemerintah dalam merencanakan pembangunan untuk kepentingan umum khususnya dalam hal pengadaan tanah untuk pembebasan tanah guna pemberian gantirugi kepada masyarakat yang terkena, dan instansi atau perusahaan lain yang memerlukannya. Karena Peta tersebut digunakan sebagai dasar atau pedoman dalam perencanaan dan penaksiran harga/nilai tanah, Sementara harga pasar/nilai tanah setiap saat selalu berubah dan

Contoh salah /Gopries'82
 cenderung menunujukkan nilai/harga pasar yang meningkat lebih tinggi, maka Peta Zona Nilai Tanah harus selalu di Update setiap waktu secara periodik tertentu (bisa hari, minggu, sebulan, setengah tahun, atau setiap tahun) tergantung dari kecepatan perubahan nilai/harga pasar tanah di wilayah tersebut. Dan untuk penggunaannya di syahkan oleh pejabat yang berwenang.

Untuk itu, agar Peta Zona Nilai Tanah yang dihasilkan mempunyai akurasi yang tinggi, diperlukan persiapan dan perencanaan yang matang, pengambilan jumlah sampel lebih banyak lebih bagus, dan pengambilan sampel diusahakan merata yang dapat mewakili zona/kawasan tersebut.

Senangnya berbagi info - Uneg-uneg: Prihartanto

Comments :

0 komentar to “Peta ZNT”

Poskan Komentar

Wellcome to Album Geodet'82 Gama

Start 12 juli 2011

Site Info Alexa

review mazprie82.blogspot.com on alexa.com

Page Rank

pagerank search engine optimization

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by Maz-Prie82 Blogs

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger