Wellcome To My Blogs

Infolinks In Text Ads

Diberdayakan oleh Blogger.

What Time is it

Wellcome To My Blogs “Alangkah Senangnya Berbagi Informasi”

View Peta Informasi Kota Tegal in a larger map

Jumat, 23 Desember 2011

Kegunaan dan Cara Menambahkan Google Map Pada Website


Google Map dan Kegunaannya Serta Cara Menambahkan Pada Website.

Sumber foto Google
Google Maps adalah sebuah jasa peta globe virtual gratis dan online disediakan oleh Google dapat ditemukan di http://maps.google.com/. Google Map menawarkan peta yang dapat diseret dan gambar satelit untuk seluruh dunia dan baru-baru ini, dan juga menawarkan perencana rute dan pencari letak bisnis di U.S., Kanada, Jepang, Hong Kong, Cina, UK, Irlandia (hanya pusat kota) dan beberapa bagian Eropa. Sumber : Wikipedia ID.

Banyak sekali kegunaan google map untuk website yang kita buat, diantaranya dapat digunakan untuk menampilkan lokasi pemilik website, tidak hanya sebagai variasi menambah keindahan website, namun anda bisa memberikan informasi lokasi kegiatan bisnis yang anda promosikan secara online agar pengunjung website mengetahui dimana letak dan posisi bisnis anda, bahkan anda bisa memberikan keterangan-keterangan jalan, sungai, hotel, tempat wisata, dan keterangan lainnya secara menyeluruh pada google map di wilayah/kota anda berdomisili agar si pengunjung mendapatkan informasi dari kreatifitas dan update peta yang anda buat. Sebagai contoh sederhana (misalnya: saya ingin memberikan atau menambah informasi nama-nama jalan di kota Tegal dimana sih letaknya di peta google?). Coba lihat peta kreasi dan update yang saya buat 1 Oktober tahun 2010 dari Google Map atau Google Earth (he..he...he promosi nih ye) bisa dilihat disini, atau dapat juga digunakan untuk aplikasi GIS berbasis web.

Lha sekarang bagaimana caranya menambah Google Map pada website? Banyak sekali website yang memberikan tutorial dan menuntun kita cara membuatnya, salah satunya dari CMS Plaza (www.cmsplaza.com) lihat dan baca disini.

Meskipun terlambat info ini, maaf sekedar mereviu kembali.
semoga bermanfaat, salam (Prihartanto)

Read More......

Kamis, 22 Desember 2011

Menjaga Kelestarian Kawasan

Zonasi Laut Guna Menjaga Kelestarian Lingkungan di Kawasan Pesisir dan Kelautan.

ilustrasi zonasi laut
Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki wilayah perairan yang sangat luas yang terdiri dari +17.508 pulau dengan panjang garis pantai 81.290 km. Luas wilayah laut Indonesia sekitar +5.176.800 km2 atau + 60 % wilayah Indonesia adalah laut. Sesuai dengan Hukum Laut Internasional yang telah disepakati oleh PBB tahun 1982, wilayah perairan Indonesia dibagi menjadi tiga wilayah laut/zona laut yaitu zona laut Teritorial, zona Landas kontinen, dan zona Ekonomi Eksklusif. Perlu diketahui bahwa kekayaan laut Indonesia sangatlah berlimpah, dan berpotensi memberikan nilai ekonomi yang tidak sedikit (nilai ekonomi yang sangat-sangat besar). Kekayaan sumber daya alam yang terkandung di dalamnya antara lain: perikanan, taman laut dan terumbu karangnya, penambangan minyak lepas pantai, pembibitan mutiara, dan sumber daya lain yang berada di wilayah pesisir dan lautan.

Rusaknya Sumber Daya Alam di wilayah pesisir dan kelautan.

Konflik pemanfaatan ruang dan sumber daya pesisir dan lautan, baik konflik secara horisontal di antara para pengguna ruang (masyarakat dengan masyarakat lain) maupun konflik vertikal antara masyarakat dengan pemerintah dalam pemanfaatan ruang tersebut. Adanya konflik akan berakibat langsung terhadap kerusakan sumber daya alam pada kawasan pesisir dan lautan di sekitarnya. Akibat yang ditimbulkan adalah secara ekonomis pendapatan masyarakat daerah pesisir laut dan pendapatan negara mengalami penurunan.
Selain itu kerusakan bisa disebabkan karena tidak mengertinya masyarakat sebagai pengguna dalam memanfaatkan sumber daya alam dan menjaga lingkungan sebagai suatu ekosistem. Misalnya di kawasan terumbu karang sebagai suatu kawasan dimana ikan-ikan bertelur, berkumpul dan beranak-pinak seperti kerapu, baronang, ekor kuning, dan lain sebagainya. Kawasan tersebut rusak akibat dari ulah manusia antara lain: buang sampah sembarangan pada kawasan terumbu karang, buang jangkar di kawasan terumbu karang, Menyentuh terumbu karang, penambangan pada kawasan terumbu karang, reklamasi pantai, pembangunan pemukiman di sekitar pantai yang terdapat terumbu karang, penangkapan ikan dengan menggunakan bom ikan, dan lain sebagainya.

Kerusakan lingkungan pada kawasan terumbu karang tersebut akan mengakibatkan berkurangnya atau punahnya populasi ikan-ikan yang hidup di kawasan tersebut.

Solusi

Untuk mengantisipasi agar kawasan-kawasan berpotensi yang mempunyai nilai ekonomi serta dalam menjaga kelestarian lingkungan kawasan sebagai suatu ekosistem, diharapkan adanya sistem zonasi laut (baca “Zonasi Laut Menjaga Populasi Ikan”). Zonasi laut bukan berarti pengkavlingan laut sebagaimana yang diartikan oleh para pencita kelautan. Dengan zonasi laut ini akan memberikan kejelasan kepada kita soal batas-batas mana yang buat pelayaran, obyek wisata dan kepentingan masyarakat nelayan.

Sekedar uneg-uneg: Prihartanto

Sumber : Wikipedia, Kekayaan laut Indonesia (www.anneahira.com), Zonasi Laut Menjaga Populasi Ikan (www.greenradio.fm), Pemerintah Keluarkan Regulasi Kualitas dan Zona Laut Budidaya Mutiara (www.bisnis-jatim.com).

Read More......

Rabu, 07 Desember 2011

Penurunan Muka Tanah dan Kenaikan Air Laut

Meluasnya Rob sebagai akibat Penurunan Muka Tanah dan Kenaikan Air Laut, serta Solusinya

Kawasan rob/ download Google
Rob atau banjir air laut adalah banjir yang menggenangi daratan yang lebih rendah dari permukaan air laut pada suatu daerah yang di sebabkan oleh air laut yang pasang.

Rob pada umumnya terjadi pada daerah kota atau desa sekitar pantai (dikenal sebagai daerah pesisir) seperti untuk wilayah Pulau Jawa antara: lain Semarang, Pekalongan, Tegal, Indramayu, Jakarta, dan kota-kota lainnya yang berada di Pantura Jawa (Pantai Utara Jawa) mengapa demikian ?, karena bila dilihat dari topografinya, daratan pantura relatif datar dan menunjukkan beda ketinggian yang relatif kecil dari permukaan air laut rata-rata, ada yang diatas muka air laut rata-rata dan bahkan ada daerah-daerah dengan beda ketinggiaan (Ϫh) = negatif(-) artinya lebih rendah dengan permukaan air laut rata-rata.

Berbeda dengan daerah Jawa bagian selatan dimana topografinya menunjukkan gambaran daerah dataran tinggi dengan ketinggian jauh diatas permukaan air laut rata-rata atau beda tinggi dengan permukaan air laut (Ϫh) sangat besar ke arah positif. Sehingga pada daerah Jawa bagian selatan tidak ada masalah rob seperti pada daerah Pantura Jawa.

Terjadinya rob di pantura Jawa sangat bervariasi, ada daerah yang cukup lama dan semakin parah mengalami permasalahan rob dan ada daerah mengalami permasalahan rob yang tidak begitu serius dan terjadinya hanya sebentar. Permasalahan rob ini terjadi karena adanya penurunan muka tanah dan permukaan air laut yang meninggi sebagai akibat pemanasan suhu bumi. Permasalahan rob menunjukkan semakin besar dan serius adalah terutama pada wilayah kota-kota yang berdekatan dengan laut (kota pesisir) dibandingkan dengan wilayah pedesaan. Mengapa ?, karena disamping adanya pemanasan suhu dunia (Globalwarming), di kota-kota tersebut banyak sekali penyedotan air tanah berlebihan yang tidak terkendalikan sehingga permukaan tanah turun, dan penyebab lainnya.

Menurut Prof. Lambok Hutabarat, dkk .. dari Geologi ITB, ada 4 penyebab tingginya laju penurunan muka tanah
1. Pertama adalah karena sifat atau karakteristik geologi tanah di wilayah ibukota yang merupakan lapisan akumulasi endapan (quarter) sedimen yang belum stabil (terus mengalami proses konsolidasi) pada kawasan pantai yang berlansung ribuan tahun lalu yang akhirnya membentuk wilayah delta (makanya Jakarta juga digolongkan sebagai kota delta/delta city).
2. Karena adanya beban statis (bangunan) dan dinamis (beban bergerak seperti kendaraan bermotor) yang mempercepat terjadinya proses pemadatan lapisan tanah.
3. Ketiga adalah karena adanya gaya teknonis yang menyebabkan getaran dan pergerakan lapisan kulit bumi/tanah yang juga dapat menyebabkan terjadinya penurunan muka tanah.
4. Keempat adalah akibat sangat tingginya laju ekstraksi air tanah (khususnya air tanah dalam) yang sudah melewati daya dukungnya (melebihi kemampuan pengisian kembali).

Disamping itu, menurut Penelitian dan Pemantauan penurunan tanah (Land Subsidence) wilayah Jakarta oleh Geodesi ITB bekerjasama dengan BAKOSURTANAL dan Pemda DKI, dimana survey dilakukan sebanyak 5 periode pengamatan dengan menggunakan teknologi satelit GPS dari tahun 1997 sampai dengan akhir tahun 2005, dan pemantauan pada daerah industri yang banyak mengkonsumsi air tanah di Bandung dan sekitarnya dari tahun 2000 sampai akhir tahun 2005, dari hasil pengolahan data survey GPS diperoleh adanya penurunan tanah dengan rata-rata dari beberapa centimeter sampai beberapa puluh sentimeter.

Dari penelitian dan pemantauan tersebut bahwa salah satu dari ke empat penyebab turunnya muka tanah khususnya di daerah-daerah industri dan kota-kota besar, penyebab yang paling dominan adalah pengambilan air tanah yang berlebihan.

Sementara yang telah terjadi pada kota-kota besar adalah telah tumbuh bagaikan jamur bangunan-bangunan bertingkat seperti hotel, instansi negeri dan swasta, bangunan pusat-pusat industri yang banyak mengkonsumsi air tanah, pembangunan sarana dan prasarana jalan yang semakin bertambah mengakibatkan tertutupnya pori-pori tanah. Bertambah padatnya penduduk ikut mewarnai tumbuhnya lahan perumahan-perumahan yang menggantikan lahan pertanian, ruang tanaman hijau yang tadinya berfungsi sebagai resapan. Akibat dari semuanya itu apa ?, air tanah semakin berkurang karena tidak ada lagi keseimbangan dalam pengisian kembali akibat dari daerah resapan yang semakin sempit, ditambah lagi dengan pengambilan air tanah yang berlebihan sehingga terbentuk ruang kosong di dalam tanah mengakibatkan terjadinya penurunan tanah.

Wilayah Darat yang terkena rob semakin meluas

Penurunan muka tanah semakin turun akibat dari sifat atau karakteristik geologi tanah, beban statis bangunan dan beban dinamis benda bergerak, gaya tektonis, serta pengambilan air tanah yang berlebihan. Sebaliknya kenaikan permukaan air laut dunia menunjukkan semakin terus bertambah naik yang diprediksi akibat dari mencairnya lapisan es dan memanasnya air laut yang disebabkan pemanasan global.

" Berdasarkan analisis terakhir yang dilakukan oleh tim Inggris-Finlandia, permukaan laut selama 2000 tahun telah stabil. Pengukuran menunjukkan peningkatan hanya 2 cm di abad ke-18 dan 6 cm di abad ke-19, tapi tiba-tiba menjadi 19 cm atau lebih dari setengah kaki di abad yang lalu. Hal ini karena mencairnya lapisan sungai es. Bagi ahli iklim, angka yang kecil ini sangatlah berarti, dengan implikasi yang lebih kompleks dari yang dimengerti sejauh ini. (Buka dan baca disini “kenaikan permukaan air laut dunia”).

Penurunan muka tanah dan kenaikan permukaan air laut itulah yang mengakibatkan semakin bertambah luasnya wilayah darat yang terkena rob atau banjir air laut, dan mungkin secara pelan-pelan bumi akan tenggelam.

Solusi Untuk Mengatasi Meluasnya Rob (Banjir Air Laut)

Untuk mengatasi meluasnya rob yang terjadi pada kota-kota besar yang faktanya telah berdiri bangunan-bangunan saling berdempetan dan sarana jalan yang semuanya serba beton, dengan permasalahan yang sangat komplek dalam mengendalikan tata guna lahan, mengendalikan bangunan-bangunan yang telah berdiri atau yang masih dalam proses perencanan, serta pengendalian pengambilan air tanah, diperlukan kebijakan yang serius dalam pengendaliannya. Agar tidak meluasnya areal rob, dan guna mengantisipasi dalam jangka pendek solusi yang terpilih salah satunya mungkin harus dibuat dan dibangunnya tanggul disepanjang pantai, disamping pembatasan dan pengendalian penyedotan air tanah. Untuk daerah-daerah yang mulai berkembang pembangunannya, diperlukan perencanaan dan pengendalian serius untuk kepentingan jangka panjang dalam penataan ruang tata guna lahan sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Undang-Undang Tata Ruang dan Kawasan (RUTRK).

Secara global dan mendunia perubahan iklim sangat berpengaruh terhadap kenaikan air laut. Menurut Dr. Church : Jika kita ingin menghindari pencairan lapisan es Greenland dan naiknya permukaan laut maka pengurangan emisi gas rumah kaca sangat dibutuhkan. Masyarakat perlu mendesak pemerintah kita untuk menunjukkan kepemimpinannya untuk memastikan bahwa kita telah mengurangi emisi kita; kita menguranginya secara substansial dan mendesak.

Sumber :
Penurunan Muka Tanah Tak Tak Terkendali Jakarta Bisa Tenggelam
http://www.detiknews.com/read/2011/11/06/181625/1761422/158/firdaus-ali-penurunan-muka-tanah-tak-terkendali-jakarta-bisa-tenggelam
Pemantauan Penurunan Tanah (land Subsidence) di kota-kota besar dengan GPS
http://geodesy.gd.itb.ac.id/?page_id=84
S.O.S Pemanasan Global-Kenaikan Air Laut
http://www.suprememastertv.com/ina/sea-level-rise/
Kenaikan Permukaan Laut Dunia
http://pemanasanglobal.net/kutub/kenaikan_permukaan_laut_dunia.htm

Read More......

Minggu, 04 Desember 2011

Penyebab Banjir dan Prioritasnya

Mengapa Sering Banjir

                              Illustrasi Banjir
 Banjir adalah jumlah debit air yang melebihi kapasitas pengaliran air tertentu, ataupun meluapnya aliran air pada palung sungai atau saluran sehingga air melimpah dari kiri kanan tanggul sungai atau saluran. (Hasibuan,2004)

Dalam kepentingan yang lebih teknis, banjir dapat disebut genangan air yang terjadi di suatu lokasi yang diakibatkan oleh :

1. Perubahan tata guna lahan di Daerah Aliran Sungai (DAS)
2. Pembuangan sampah
3. Erosi dan sedimentasi
4. Kawasan kumuh sepanjang drainase
5. Perencanaan sistem pengendalian banjir yang tida tepat
6. Curah hujan tinggi
7. Pengaruh fisiografi/geofisik sungai
8. Kapasitas sungai dan drainasi tidak memadai
9. Pengaruh air pasang
10. Penurunan tanah dan rob (genangan akibat pasang surut air laut)
11. Drainase lahan
12. Bendung dan bangunan air
13. Kerusakan bangunan pengendali banjir

Menurut Kodoatie (2008) dalam pemaparannya, penyebab banjir dan prioritasnya adalah silahkan buka tabel berikut ini, menurut tabel tersebut, adanya perubahan lahan, kerusakan bangunan pengendali, dan lain-lainnya sebagai faktor penyebab banjir adalah sebagian besar ulah manusia sebagai peran utamanya. Dan dari tabel tersebut dapat dikatakan bahwa konsep pengendalian banjir harus dilakukan secara terpadu baik in-stream (badan sungai) maupun off-stream (DAS-nya) dengan melaksanakan pekerjaan baik secara metode struktur (tugas pembangunan) dan non struktur (tugas umum pemerintah), sehingga akan tercapai integrated flood control and river basin management (Pengendalian Banjir dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang Terpadu.

Sumber: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/17559/4/Chapter%20II.pdf

Read More......

Microprosesor ARM - Windows 8

Tahun 2012 Windows 8 akan Hadir

windows 8/Google
Pada tahun 2012 Microsoft akan melucurkan versi terbarunya yaitu windows 8 dengan sistem operasinya menggunakan microperosesor ARM yang dikenal sebagai Advanced RISC Machine, merupakan pengembangan dari Acorn RISC Machine berawal dari desain/arsitektur prosesor 32-bit RISC yang dikembangkan oleh ARM limited. Prosesor ARM cocok untuk aplikasi berdaya rendah, sehingga prosesor ARM mendominasi pasar Mobile electronic pada th.2007 s/d th.2009. Sekarang pertanyaannya, apa kelebihan Windows 8 dengan sistem operasinya menggunakan microprosesor ARM..?

Kelebihan Windows 8

1. Dioptimalisasi untuk layar sentuh
Windows 7 memang support layar sentuh, namun tidak optimal dari sisi desain dan kemudahan pengoperasian. Berbeda dengan Windows 8, interfacenya yang dijuluki sebagai Metro benar-benar dioptimalkan untuk sentuhan dengan wujud ala interface Windows Phone.

2. Mendukung chip ARM
Windows 8 mendukung perangkat yang memakai infrastruktur chip ARM. Hal ini diharapkan memperluas jangkauan Windows 8 di arena tablet, mengingat kebanyakan tablet yang beredar saat ini memakai chip ARM.

3. Toko aplikasi Windows Store
Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang dinamakan Windows Store. Windows Store menyediakan berbagai aplikasi yang dioptimalkan untuk Windows 8.

4. Mendukung NFC (Near Field Communications)
Windows 8 akan mendukung NFC, sebuah teknologi yang kegunaanya antara lain untuk transaksi keuangan digital. Tablet yang memakai Windows 8 pun kemungkinan besar akan otomatis menyertakan fitur ini.

5. Waktu boot yang singkat
Boot Windows 8 dalam demonya hanya berlangsung dalam 8 detik. Sebuah waktu yang jauh lebih singkat dibanding booting di Windows versi sebelumnya.

6. Internet Explorer 10
Internet Explorer 10 dijanjikan membawa perubahan besar ketimbang versi IE terdahulu. Browser ini diklaim sangat ramah digunakan baik dalam tablet maupun PC.

7. Sekuriti lebih baik
Windows 8 dikatakan akan memiliki fitur sekuriti lebih baik untuk menghadang serangan cyber. Di antaranya fitur Windows Defender lebih ditingkatkan kemampuannya di OS ini.

8. Windows 8 tidak membutuhkan upgrade PC
Microsoft menyatakan komputer yang bisa menjalankan Windows 7 dapat pula menjalankan Windows 8 sehingga user tak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini

Itulah 8 kelebihan Windows 8. Coba lihat fitur pada point 8 deh, So bila kita punya netbook dengan prosecessor Intel Atom dan RAM 1 GB berarti kita tak perlu membeli gadget baru untuk menikmati Windows 8.W

Sumber : Wikipedia dan dikutib dari detiknet.com

Read More......

Sabtu, 03 Desember 2011

Peta ZNT

Manfaat Keakuratan Peta Zona Nilai Tanah

           Illustrasi ZNT/Gopries'82
Peta Zona Nilai Tanah adalah Peta Tematik yang menggambarkan besaran-besaran nilai tanah atau harga pasar dan potensi tanah di suatu wilayah tertentu yang berfungsi sebagai informasi spasial yaitu Peta Zona Nilai Tanah (ZNT) dibuat dengan skala 10.000 atau lebih kecil, dan sebagai informasi textual Peta ZNT pembuatannya memerlukan data harga tanah berdasarkan nilai pasar.

Pengambilan Sampel Data Berkaitan dengan Keakuratan Peta.

Dalam pembuatannya, Peta Zona Nilai Tanah dibatasi dengan penarikan garis batas sebagai batas zona kawasan tersebut dengan mengelompokkan besaran-besaran nilai rata-rata harga pasar tanah. Keakuratan dalam penarikan batas zona sangat dipengaruhi oleh banyak-sedikitnya sampel serta pola penyebaran data yang diambil sebagai sampel data harga pasar yang disurvei. Sebagai contoh : Si Badu hendak mensurvei dan mengambil 100 bidang tanah sebagai sampel harga pasar tanah secara acak dari 1.500.000 bidang tanah di suatu wilayah yang hendak dibuatkan Peta ZNT-nya. Setelah didapatkan hasil dari pengelompokan harga rata-rata nilai tanah yang disurvei, si Badu membuat dan mendapatkan batasan zona A= 25 bidang dengan besaran Rp.250.000,- s/d Rp.300.000,-, zona B= 25 bidang dengan besaran Rp.301.000,- s/d Rp. 500.000,-, zona C= 25 bidang dengan besaran Rp. 500.000.- s/d Rp. 750.000,-, dan zona D= Rp. 751.000,- s/d Rp 1.000.000,-. Padahal dari 1.500.000 bidang tersebut, pada kenyataannya masih ada kawasan atau zona dengan harga pasar tanah berkisar antara Rp. 100.000,- s/d Rp. 250.000,- , sehingga kawasan tersebut tidak tercover dan tidak terbaca pada zona tersendiri, bahkan masuk pada zona A, dan atau beberapa bidang yang seharusnya masuk pada zona D karena kurang jeli dalam mengambil data sebagai sample dan menarik batasan zona, masuk pada zona C. Akibatnya apa? Peta ZNT yang dibuatnya tidak memberikan informasi yang sebenarnya dengan kata lain peta tersebut tidak akurat.

   Contoh Peta ZNT /Gopries'82
Manfaat Peta Zona Nilai Tanah

Keakuratan Peta Zona Nilai Tanah akan memberikan informasi yang positif kepada user sebagai pengguna yang bergerak dibidang properti, memberikan informasi kepada instansi pemerintah dalam merencanakan pembangunan untuk kepentingan umum khususnya dalam hal pengadaan tanah untuk pembebasan tanah guna pemberian gantirugi kepada masyarakat yang terkena, dan instansi atau perusahaan lain yang memerlukannya. Karena Peta tersebut digunakan sebagai dasar atau pedoman dalam perencanaan dan penaksiran harga/nilai tanah, Sementara harga pasar/nilai tanah setiap saat selalu berubah dan

Contoh salah /Gopries'82
 cenderung menunujukkan nilai/harga pasar yang meningkat lebih tinggi, maka Peta Zona Nilai Tanah harus selalu di Update setiap waktu secara periodik tertentu (bisa hari, minggu, sebulan, setengah tahun, atau setiap tahun) tergantung dari kecepatan perubahan nilai/harga pasar tanah di wilayah tersebut. Dan untuk penggunaannya di syahkan oleh pejabat yang berwenang.

Untuk itu, agar Peta Zona Nilai Tanah yang dihasilkan mempunyai akurasi yang tinggi, diperlukan persiapan dan perencanaan yang matang, pengambilan jumlah sampel lebih banyak lebih bagus, dan pengambilan sampel diusahakan merata yang dapat mewakili zona/kawasan tersebut.

Senangnya berbagi info - Uneg-uneg: Prihartanto

Read More......

Jumat, 02 Desember 2011

Nilai Tanah

Perlunya Pedoman yang Baku tentang Nilai Tanah

                          ZNT /Gopries'82
Apa sebenarnya Nilai Tanah itu?

Nilai Tanah dalam konteks pasar properti adalah nilai pasar wajar yaitu nilai yang ditentukan dan ditetapkan oleh pembeli yang ingin membeli sesuatu dan penjual yang ingin menjual sesuatu berdasarkan persetujuan dan kesepakatan kedua belah pihak dalam kondisi wajar tanpa ada tekanan dari pihak luar pada proses transaksi jual beli sehingga terjadi kemufakatan.

Menurut Eckert (1990), Nilai adalah merupakan suatu waktu yang menggambarkan harga atau nilai uang dari properti, barang atau jasa bagi pembeli dan penjual.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa nilai tanah adalah ukuran kemampuan tanah untuk menghasilkan atau memproduksi sesuatu secara langsung memberikan keuntungan ekonomis. Dalam konteks properti, nilai tanah sama dengan harga pasar tanah.

Sebagaimana yang kita lihat bahwa, disuatu daerah atau wilayah harga pasar tanah sangat bervariasi perbedaanya: ada harga tinggi, harga sedang, dan harga rendah. Harga yang bervariasi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: Jarak dari pusat kota, ada tidaknya fasilitas jalan, kondisi jalan aspal atau tidak, ada tidaknya fasilitas umum yang lain seperti sekolahan, perkantoran, di wilayah bencana atau tidak (misalnya: wilayah banjir, longsor), dan sebagainya.

Nilai Tanah kaitannya dengan Pemasukan Negara.

Nilai Tanah atau harga tanah dalam transaksi jual beli juga berkaitan dengan pemasukan khas negara yang dibebankan bagi penjual dan pembeli, diantaranya adalah wajib pajak yang harus dibayarkan oleh penjual sebagai Pajak Penghasilan (PPh), dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yaitu bea yang harus dibayarkan akibat diperolehnya suatu hak atas tanah oleh pembeli.
Besar pajak yang wajib dibayarkan oleh penjual sebagai PPh adalah 5% x Nilai Transaksi Jual Beli Tanah (harga tanah), kecuali :
1. Harga tanah atau nilai transaksi lebih rendah dari Nilai tidak Kena Pajak (Rp,60 juta)
2. Penjualan dilakukan dalam rangka untuk pembebasan tanah untuk kepentingan umum.
3. Hibah
4. Waris
Besar bea yang wajib dibayarkan oleh Pembeli sebagai BPHTB adalah 5% x (Nilai Transaksi Jual Beli (NPOP)– Nilai tidak Kena Pajak (NPOP TKP). Catatan : Nilai tidak Kena Pajak (NPOP TKP) ditetapkan secara regional.

Nilai Tanah kaitannya dengan Pengadaan Tanah untuk pemberian gantirugi,

Meski nilai tanah adalah merupakan harga pasar yang menjadi ketetapan dan kesepakatan secara wajar antara penjual dan pembeli, terkadang banyak dan sering terjadi bahwa bila tanah tersebut dibutuhkan oleh suatu instansi pemerintah atau perusahaan swasta untuk kepentingan umum misalnya: untuk pembangunan saluran banjir kanal, pembangunan jalan tol atau jalan lingkar, pembangunan pembangkit listrik, dan lain sebagainya, si pemilik tanah meminta harga sebagai nilai gantirugi sangat-sangat tidak wajar yang jauh lebih besar dan berlipat-lipat dari harga pasar, atau sebaliknya pemerintah atau perusahaan swasta dengan sewenang-wenangnya memberikan gantirugi yang jauh lebih kecil dari harga pasar atau nilai tanah tersebut. Apa yang terjadi ? rasa keadilan tidak ada. Tidak adanya kesepakatan harga tanah tersebut akan berakibat tertundanya pembangunan, dan atau pembangunan tidak terealisasi. Hal ini semua karena tidak adanya standarisasi nilai tanah yang baku, paling tidak sebagai pedoman untuk menyelesaikan permasalahan tersebut di atas.

Dengan dikeluarkannya Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nomor 3 Tahun 2007, setidaknya akan terjawab permasalahan tersebut. Karena di dalamnya mengatur bahwa untuk menentukan nilai tanah sebenarnya dapat berpedoman pada variabel-variabel seperti lokasi dan letak tanah, status tanah, peruntukan tanah, kesesuaian pengguanaan tanah dengan rencana tata ruang wilayah atau kota yang telah ada, sarana dan prasarana yang tersedia dan faktor lainnya yang mempengaruhi harga tanah. Dan jika dikaitkan dengan teori yang ada nilai sebenarnya adalah nilai pasar.

Sekedar uneg-uneg: Prihartanto

Read More......

Wellcome to Album Geodet'82 Gama

Blogs Olah Raga ( Template Klasik )

Blogs Burung Ocehanku ( Template Klasik )

Blogs Aneka Informasi ( Template Klasik )

Blogs My Family ( Template Klasik )

Blogs Tentang Wisata

My Galery Blogs

Info Automotive

Burung Merak Animasi

Nggowes Ayo

Dengan bersepeda kita bisa mendapatkan tubuh yang sehat, pikiran bisa fresh bila kita bisa merasakan dan menikmati indahnya alam dengan udara segar, tentunya bersepeda di lokasi yang jauh dari polusi udara (misalnya Keliling desa demi desa atau di pegununungan). Semuanya itu ada petunjuk sebagai Tip dan Trik bersepeda agar terasa nyaman, Untuk mendapatkan informasi-informasi tentang bersepeda, perawatan sepeda, berita sepeda, berbagai jenis sepeda dan asesorisnya silahkan berkunjung ke situs webblog tentang sepeda. Selengkapnya

Start 12 juli 2011

Site Info Alexa

review mazprie82.blogspot.com on alexa.com

Page Rank

pagerank search engine optimization

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by Maz-Prie82 Blogs

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger